5 Perusahaan yang menerapkan E-Commerce

1). PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (www.alfaonline.com)

Kekuatan
• Keanekaragaman produk
• SDM yang dimiliki
• Harga produk yang relatif terjangkau
• Kemudahan dalam sistem pembayaran melalui fasilitas DOKU Wallet.

Kelemahan :
• Sangat minimnya sosialisasi (promosi)
• Kurang user-friendly bagi mereka yang tidak terbiasa dengan teknologi
• Belum semua gerai alfamart yang sudah dapat melayani pelanggan Alfaonline.
• Masih sedikitnya armada-armada maupun pegawai untuk melayani pengantaran barang.

Peluang :
• Jangkauan pasar yang lebih luas
• Pengembangan model bisnis
• Peningkatan jumlah member
• Kerjasama dengan pihak ketiga (bank)

Ancaman
• Adanya pesaing
• Harga yang lebih murah dari pesaing
• Pelayanan yang lebih memuaskan dari pesaing

2). Shopee

Kekuatan :
• Barang lebih cepat sampai
• Shopee menawarkan banyak promo serta diskon yang pastinya digemari para pembeli
• Memiliki fitur terdekat yang memungkinkan pembeli mencari penjual terdekat dari posisi calon pembeli berada
• Adanya fasilitas ongkir gratis dengan ketentuan yang berlaku
• Tersedianya kategori produk yang sangat luas. Alhasil penjual bisa menjual jenis barang apa saja. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi pihak penjual.

Kelemahan :
• Respon penjual yang terkadang cukup lama
• Situs yang susah diakses pada jam-jam tertentu
• Ada beberapa penjual yang tidak jujur sehingga merugikan para pembeli
• Untuk promo ongkir gratis diberi syarat atau ketentuan yang cukup merepotkan

Peluang :
• Memiliki produk yang lebih lengkap dan beragam

Ancaman :
• Persaingan HargaPersaingan Platform

3). Bukalapak

Kekuatan :
• Mudah di akses dari Web maupun mobile
• Mudahnya pencarian barang karena banyaknya penjual
• Sering adanya discount bagi pembeli tetapi tidak meruggikan penjual
• Adanya Sistem Payment Sistem

Kelemahan 
• Karena Sistem Payment Uang yang seharusnya langsung ke penjual ke tahan di rekening BukaLapak sehingga perputaran uang untuk penjual sedikit lama
• Apabila ada customer yang memberika feedback negative akan berpengaruh pada reputasi penjual

Peluang :
• Membuat inovasi dan diskon pada hari tertentu
• Bisa menjangkau seluruh indonesia
• Banyaknya penjual yang dapat menjaual barang nya

Ancamam :
• Persaingan dengan situs jual beli lain yang hampir sama
• Apabila tidak ada program dan inovasi akan tertinggal oleh situs jual beli yang lain

4). Carrefour

Kekuatan :
• Pemimpin pasar( Market Leader)
•  Keberanian untuk memasukan pasar  yang disuport oleh partner joint venture
• Kualitas toko yang tinggi dengan didasarkan pada basis pelanggan yang cukup besar
• Bisnis retail terbesar kedua di dunia dan bisnis retail terbanyak secara international
• Merk yang kuat diberbagai segmen pasar
• Pemimpin dunia didalam bisnis hypermarket

 Kelemahan :
• Permintaan yang besar tergantung pada pasar
• Kurang memperhatikan aspek etika bisnis yang telah ditetapkan KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha)

 Peluang :
• Memperluas area produk dan pelayanan melalui diperluasnya area layanan produk
• Pertumbuhan penduduk mengakibatkan meningkatnya kebutuhan akan mengkonsumsi barang secara instant

Ancaman :
• Pasarnya tidak dapat mendukung lebih banyak outlet
• Krisis ekonomi global menyebabkan penurunan transaksi perdagangan
• Tidak diketahuinya pajak yang ditetapkan oleh tiap barang karena pajak dibebankan kepada perusahaan.
• Kerugian kompetitif yang diakibatkan oleh munculnya berbagai macam retail-retail baru

5). PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom)



Kekuatan :
• Telkom memiliki kekuatan finansial yang sangat besar, hal ini memudahkan Telkom untuk melakukan investasi peralatan telekomunikasi dalam skala besar
• Jumlah pelanggan terus menunjukkan pertumbuhan yang pesat
• Memiliki keunggulan strategis seperti pilihan produk, cakupan yang luas, serta beragam jenis layanan yang ditawarkan
• Mempunyai jaringan dan infrastruktur yang luas mencakup seluruh wilayah tanah air sehingga sangat memudahkan perusahaan untuk melakukan ekspansi dan penetrasi pasar
• Sejumlah departemen dan instansi pemerintah (tidak termasuk BUMN) membeli layanan Telkom, mereka menjadi pelanggan langsung sehingga menambah kekuatan dan kepercayaan publik
• Dari sisi keuangan, Telkom terus menunjukkan arus kas yang kuat dan juga memiliki rasio utang terhadap ekuitas yang sehat.

Kelemahan :
• Langkah strategis merger dan akuisisi, investasi dan divestasi serta pengelolaan anak perusahaan memiliki peluang dan risiko yang besar sehingga bisa mempengaruhi keadaan keuangan yang dimiliki perusahaan
• Kebocoran Pendapatan berpotensi terjadi akibat kelemahan internal dan masalah eksternal, dan jika hal ini terjadi maka bisa menimbulkan kerugian pada hasil usaha Telkom
• Jumlah SDM sebagai tenaga kerja masih terlampau besar, hal ini menyebabkan kurang efisien dalam hal anggaran untuk menggaji pegawainya
• Kepentingan Pemegang Saham Pengendali dapat berbeda dengan kepentingan Pemegang Saham Telkom lainnya.

Peluang :
• Tingginya permintaan masyarakat terhadap akses internet merupakan pasar yang sangat potensial bagi Telkom
• Seiring pertumbuhan nasional, industri telekomunikasi dan informasi akan terus berkembang dan mempunyai peranan penting di Indonesia
• Jumlah penduduk Indonesia yang besar tetapi baru sedikit diantaranya yang sudah memiliki akses broadband internet. Hal ini tentu menjadi peluang pasar yang sangat baik bagi pertumbuhan bisnis Telkom.

Ancaman :
• Kebijakan Pemerintah untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi sewaktu-waktu bisa berdampak langsung terhadap Telkom
• Krisis keuangan global yang terjadi juga akan berdampak buruk secara material terhadap Telkom
• Masyarakat terus menuntut mobilitas dan fleksibilitas dari sebuah alat komunikasi, sehingga telepon rumah tradisional tidak lagi bisa memenuhi kebutuhan tersebut
• Jaringan akses kabel yang dimiliki Telkom menghadapi potensi ancaman dari segi keamanan seperti terjadinya pencurian atau vandalisme yang dapat berdampak pada hasil usahanya
• Kondisi persaingan semakin ketat, para perusahaan operator terus bertarung untuk mendapatkan pelanggan yang jumlahnya semakin kecil

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISI UTAMA UNDANG-UNDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK

Perbedaan Search Engine dan Website

UJIAN TENGAH SEMESTER E-COMMERCE