UJIAN TENGAH SEMESTER E-COMMERCE

 

NIM : 16175069
NAMA : RESI NURAFIFAH

1. Sebutkan dan Jelaskan faktor-faktor kunci sukses dalam membangun E-commerce !

Jawaban:
a). Desain website dan apliksi
Tampilan website atau aplikasi, desain antarmuka, dan navigasi yang mudah pada E-Commerce akan membuat pelanggan lebih nyaman saat berbelanja.

b). Harga
Situs e-commerce yang sering menawarkan harga lebih murah dengan potongan harga menarik akan membuat seseorang lebih senang berbelanja dan akhirnya merekomendasikan situs tersebut kepada orang lain.

c). Pilihan produk
Banyaknya pilihan produk yang ditawarkan juga menjadi penentu kesuksesan e-commerce. Bayangkan jika produk yang dijual sedikit dan banyak produk yang stoknya habis? Otomatis penjualan pada situs tersebut menjadi berkurang dan pelanggan akan beralih ke situs lain. Maka jangan heran jika saat ini situs e-commerce besar memiliki banyak pedagang meskipun produk yang dijual sama.

d). Pelayanan

Meskipun saat ini pelayanan di situs e-commerce serba otomatis menggunakan sistem. Tetap saja pihak e-commerce sebaiknya menyediakan layanan call center yang siap siaga menampung keluhan dan memberikan solusi kepada pelanggan dengan cepat jika terjadi masalah saat proses jual-beli.

e). Pemasaran kreatif

Pada era digital pemasaran dapat dilakukan berbagai macam cara dan sekreatif mungkin agar menarik perhatian hingga akhirnya banyak dibicarakan. Ketika sebuah situs e-commerce sudah banyak dibicarakan secara positif baik di dunia maya dan dunia nyata, maka akan meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk berbelanja di situs tersebut.

f). Kecepatan akses

2. Sebutkan dan Jelaskan berbagai jenis bisnis online di internet !

Jawaban:
a). Dropship
Artinya sistem penjualan di mana penjual atau dropshipper hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik pihak lain tanpa perlu membelinya terlebih dahulu (menyetok barang).

b). Afilliate Marketing
Artinya bentuk kerjasama antara dua lembaga yang berdiri masing-masing. Bisa dikatakan pula sebagai hubungan anggota atau cabang. Namun, biasanya salah satu lembaga lebih besar dari lainnya. Bantuan dari lembaga besar biasanya berbentuk peralatan, personel dan fasilitas.

c). Pay Per Click
Pay Per Click pada dasarnya sama dengan sistem afiliasi dimana Anda akan mendapatkan bayaran untuk setiap pengunjung yang berasal dari situs Anda. Perbedaannya terletak pada sistem yang digunakan.

d). Online Shop
Merupakan proses pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet.

3. Sebutkan dan Jelaskan aplikasi bisnis yang ada di E-Commerce !

Jawaban:
a).  Bibli
Merupakan produk pertama PT. Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum di bidang digital. Blibli didirikan mengusung konsep belanja online ala mal sejak 2010.

b). Lazada
Merupakan pusat belanja online yang menawarkanberbagai macam jenis produk mulai dari elektronik, buku, mainan anak, dan banyak lainnya. Lazada Indonesia merupakan salah satu cabang jaringan retail online Lazada Group sejak 2012.

c). Tokopedia
Merupakan salah satu mall online di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace. Siapapun boleh membuat toko online-nya secara gratis. Tokopedia berperan sebagai pihak ketiga untuk menjadi jembatan transaksi jual beli. Selain itu, Tokopedia memantapkan posisinya sebagai marketplace nomor satu di Indonesia, dengan 14,4 juta pengunjung.

d). Shopee
Sebagai pendatang baru, Shopee berhasil meningkatkan jumlah pengunjung secara signifikan sebesar 767 persen. Shopee merupakan sebuah aplikasi yang diklaim sebagai aplikasi mobile marketplace pertama dengan model Consumer to Consumer (C2C).

d). Matahari Mall
Tren e-commerce membuat Matahari department store juga membuka bisnis online berupa Mataharimall.com. Direktur Lippo Group, Jhon Riyadi menjelaskan, Lippo Group telah menginvestasikan dana sebesar US$ 500 juta atau setara Rp 6,5 triliun untuk operasional mataharimall.com selama 2-3 tahun kedepan.

4. Sebutkan dan Jelaskan faktor pendukung E-Commerce !

Jawaban:
a. Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan kelas menengah terbanyak di dunia, saat ini jumlah kelas menengah mencapai 55 juta di mana semuanya bersifat konsumtif dan suka berbelanja.

b). Penggunaan internet di Indonesia cukup tinggi, hampir 40 persen dari masyarakat Indonesia sudah familier dengan internet dan bisa mengoperasikannya.

c). Penggunaan telepon seluler di Indonesia juga tinggi ditambah handphone yang berteknologi android harganya cukup murah, ada yang mencapai di bawah Rp 1 juta, saat ini pengguna telepon seluler mencapai 100 juta.

d). Pemerintah sedang membangun beberapa proyek infrastrukur seperti jalan tol dan pelabuhan, dengan pembangunan infrastruktur akan memudahkan pengiriman barang di luar kota.

e). Sistem pembayaran di Indonesia sudah banyak berkembang seperti sistem pembayaran nontunai atau elektronik.

5. Sebutkan dan Jelaskan konsumen E-commerce didasarkan pada perilaku konsumsinya !

Jawaban:
a). Implusive Buyers
Konsumen yang ingin cepat-cepat membeli, cenderung gegabah dalam mengkonsumsi produk yang ditawarkan.

b). Patient Buyers 
Konsumen yang teliti melakukan komparasi harga dan menganalisa produk yang ditawarkan.

c). Window Shoppers
Konsumen yang sekedar browsing atau surfing saja.

6.  Sebutkan dan Jelaskan positif dan negatif dalam menjalankan E-Commerce?

Jawaban:
1). Dampak Positif

a). Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.

b). Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).

c). Menurunkan biaya operasional(operating cost)

d). Melebarkan jangkauan (global reach).

e). Meningkatkan customer loyality.

f). Meningkatkan supplier management.

g). Memperpendek waktu produksi.

h). Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)

2). Dampak Negatif 

a). Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada.

b). Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.

c). Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.

d). Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.

e). Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.

7. Sebutkan dan Jelaskan jenis-jenis E-Commerce !

Jawaban:
a). Business to Business (B2B)
Merupakan penjualan produk atau jasa yang diberikan oleh satu bisnis dan diperuntukan untuk bisnis lainnya, bukan kepada konsumen.

b). Customer to Business (C2B)
Merupakan model bisnis di mana konsumen menciptakan nilai dan bisnis mengkonsumsi nilai tersebut.

c). Customer to Customer (C2C) 
Dilakukan antara konsumen dengan konsumen, yaitu perorangan yang menjual barang atau jasanya melalui situs market place atau situs jual beli.

d). Business to Government (B2G) 
Merupakan turunan dari B2B dalam ilmu pemasaran dan dikenal sebagai pemasaran sektor publik yang mencakup pemasaran produk-produk dan jasa untuk instansi pemerintah melalui teknik komunikasi pemasaran terpadu seperti branding,marcom,iklan dan komunikasi berbasis web.

e). Government to Business (G2B) 
Merupakan layanan transaksi elektronik antara pemerintah dan pelaku bisnis.

f). Government to Citizen (G2C) 
Merupakan penyampaian layanan publik dan informasi satu arah oleh pemerintah ke masyarakat. Layanan G2C ini antara lain sistem pajak online, informasi lowongan pekerjaan, pengurusan jaminan sosial, serta dokumen kependudukan seperti akte kelahiran, paspor, dan sebagainya.

8. Sebutkan dan jelaskan ragam internet advertising serta berilah contoh

Jawaban:
a). Display Advertising
Merupakan jenis iklan yang terdiri dari lebih banyak grafik dibandingkan teks. Contohnya seperti pop-up.

b). Rich Media
Merupakan jenis advertising yang memiliki beragam jenis dalam berbagai format pilihan. Contohnya seperti iklan film, iklan banner, dan iklan video.

c). Transition
Merupakan jenis iklan dimana muncul ketika konten lain sedang loading. Contohnya seperti promosi iklan bimbel.

d). Superstisial Advertising
Merupakan semacam mini video advertising yang muncul ketika pergerakan mouse pengunjung dari satu bagian ke situs bagian yang lain. Contohnya seperti gambar gerak video flash.

e).  E-mail Advertising
Merupakan bentuk advertising dalam format teks. Contohnya seperti runkeeper dan bonobos.

f). Sponsorship
Merupakan perpaduan antara artikel editorial dengan iklan. Contohnya seperti iklan sponsorship, video advertising, dan ad networks. 

g). Mobile Advertising
Merupakan media iklan dengan media telepon selular. Contohnya seperti iklan spanduk.

h). Website
Merupakan iklan yang diposting dalam suatu situs website. Contohnya seperti Google AdSense dan Yahoo Publisher Network.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISI UTAMA UNDANG-UNDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK

Perbedaan Search Engine dan Website