UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) E-COMMERCE

 


NIM : 16175069

NAMA : RESI NURAFIFAH


1. Jelaskan dampak Gojek dan Tokopedia setelah merger pada dunia E-Commerce!

Jawab:

Merger Gojek dengan Tokopedia bisa berdampak terhadap perekonomian nasional apabila penjualan lokal atau domestik bisa dioptimalkan.

Merger unicorn seperti Gojek dengan Tokopedia diharapkan dapat mendongrak penjualan produk lokal. Jika hal ini bisa terwujud, dampaknya akan sangat terasa bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Selain itu, Dampak yang terjadi setelah Gojek dan Tokopedia merger pada dunia E-Commerce akan terjadi adanya peningkatan valuasi keduanya secara signifikan bahkan melampaui batasan status Decacorn (10 miliar dolar AS). Sebelum merger saja, keduanya saat ini memimpin sebagai startup berstatus Unicorn (valuasi di atas 1 miliar dolar AS) dengan kapitasi terbesar asal Indonesia. Peningkatan tersebut akan memudahkan mereka mendapatkan pendanaan terlepas dampak pandemi pada sejumlah sektor ekonomi digital maupun investor itu sendiri. Di sisi lain, merger kali ini juga menjanjikan untuk berhasil karena Gojek dan Tokopedia memiliki bisnis yang berbeda.


2. Sebutkan dan jelaskan masalah-masalah apa saja yang terjadi pada E-Commerce di Indonesia!

Jawab:

a). Infrasruktur dan prosedur lebih mendalam

Tantangan infrastruktur di Indonesia tidak bisa diselesaikan oleh perusahannya sendiri. Industri E-Commerce berharap pemerintah juga turut mengambil langkah. Utamanya terkait infrastruktur internet yang belum stabil dan transportasi yang kerap sulit diandalkan.

b). Industri E-Commerce menginginkan pembayaran non-tunai

Bila penyedia pembayaran digital i-Paymu mengatakan bahwa masyarakat masih mengandalkan pembayaran secara tunai dan edukasi tentang sistem pembayaran alternatif. Maka hal tersebut harus dihentikan segera, bila tidak industri E-Commerce akan tumbuh secara lambat.

c). Edukasi dalam menumbuhkan kepercayaan pelanggan

Masalah kepercayaan konsumen dan keamanan dalam bertransaksi online masih terus bermunculan hingga hari ini. Perwakilan dari OLX mengatakan bahwa kepercayaan dari konsumen masih membutuhkan proses edukasi lebih lanjut. Salah satu solusinya adalah dengan menjalin kerjasama dengan media untuk menjelaskan pemahaman lebih baik tentang model bisnis E-Commerce untuk menambah kepercayaan masyarakat.

d).  Kepercayaan konsumen lebih penting daripada sertifikasi

Masalah lain yang menjadi sorotan adalah bagaimana menanamkan kepercayaan. Beberapa pemain E-Commerce menekankan keharusan sertifikasi, sementara sisanya lebih mengutamakakan kepercayaan pelanggan. Terkait hal ini, Rudiantara mengatakan bila pihaknya tengah merencanakan pengenalan sistem sertifikasi.

e). Dukungan dan perlindungan bagi para pemain baru

Beberapa E-Commerce mengingatkan pemerintah agar memberi kemudahan bagi para pendatang baru yang mau memasuki memasuki ranah ini. Saran mereka termasuk memberi kemudahan peraturan bagi bisnis kecil dan menengah untuk mendapatkan akses ke investor, dan memberi potongan pajak pada perusahaan baru.


3. Isu-isu hukum yang ada dalam E-Commerce apa saja, jelaskan!

Jawab:

a). Masalah privasi

Terdapat dua tipe kekhawatiran para pengguna layanan E-Commerce yang berkaitan dengan isu privasi. Tipe yang pertama adalah kekhawatiran konsumen tentang terdapatnya akses tanpa izin kepada data personal mereka karena kurangnya keamanan dan pengawasan perusahaan atau karena kurangnya kontrol internal dari perusahaan itu sendiri. Tipe yang kedua adalah kekhawatiran konsumen terhadap kemungkinan digunakannya data personal mereka  bagi keperluan yang tidak relevan dan tidak dikehendaki. Kemungkinan ini tentunya melibatkan pihak ketiga yang tidak terlibat sama sekali dalam transaksi awal antara konsumen dan perusahaan yang menyediakan layanan E-Commerce.

b). Kekayaan intelektual

c). Masalah pajak

d). Perlindungan konsumen


4. Bagaimana peta jalan E-Commerce yang menjadikannya isu beberapa bulan terakhir?

Jawab:

Peta jalan dari E-Commerce yang menjadi isu dalam beberapa bulan terakhir adalah melalui penetapan Peraturan Presiden Nomor 74 Tahun 2017 tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (SPNBE) atau Road Map E-Commerce 2017-2019. Terdapat isu-isu prioritas baru yang muncul dalam praktik dan belum tercakup dalam Road Map, seperti aspek Perlindungan Data, Transaksi Cross-Border E-Commerce, pengaturan Barang Digital dan Transaksi Digital, Penguatan UMKM dan Produk Lokal, serta Keuangan Digital (fintech dan cryptocurrency). Road Map tersebut memang masih terbatas pada rencana aksi dengan jangka waktu penyelesaian yang pendek dan isu yang belum diperbarui serta belum memiliki kebijakan dan strategi nasional terkait pengembangan ekonomi digital yang komprehensif dan terintegrasi.


5. Jelaskan pandangan kalian terhadap MLM berbasis E-Commerce baik positif dan negatif!

Jawab:

a). Dampak Positif

Dampak Positifnya ialah mendapatkan aliran baru yang menjanjikan, dapat meningkatkan pangsa pasar, menurunkan biaya operasional, melebarkan jangkauan, meningkatkan loyalitas konsumen, dan memperpendek waktu produksi. 

b). Dampak Negatif

dampak negatif dari MLM diantaranya membuat orang menjadi pemalas. Bayangkan saja, misalnya ada pegawai swasta ia mendapatkan gaji selama sebulan, tapi yang mengikuti MLM hanya butuh bebrapa hari saja untuk mendapatkan uang yang besarnya setara dengan gaji pegawai tersebut selama sebulan tanpa harus bersusah payah.


6. Mengapa etika dalam E-Commerce itu penting?    

Jawab:

Karena etika adalah suatu bagian pemikiran yang menyatakan apa yang benar dan salah.

a). Selain mempertaruhkan uang dan barang sebagai tujuan untuk keuntungan, bisnis juga mempertaruhkan kehormatan, reputasi, dan lain nya.

b). Kepercayaan sangat di butuhkan dalam melakukan bisnis, sebab bisnis akan berkembang jika kepercayaan itu ada dan memiliki relasi. Maka etika di butuhkan untuk memperkuat dan menumbuhkan rasa saling percaya.

c). Bisnis di lakukan antar orang yang satu ke orang lain, maka bisnis memerlukan etika untuk memberikan pedoman bagi pihak yang menjalankan nya. 


7. Dampak sosial apa saja yang terjadi dalam penerapan E-Commerce!

Jawab:

a).Tenaga kerja E-Commerce bertambah secara pesat.

b).Konsumen berhemat lebih banyak.

c). Mendorong partisipasi wilayah rural.

d). Meningkatkan perekonomian.


8. Bagaimana menurut kalian penerapan E-commerce yang menjadi trendsetter di masa pandemi!     

Jawab:

Menurut saya, di masa pandemi ini saat ini E-Commerce berhasil menjadi trendsetter yang diminati masyarakat. Karena saat ini ada pembatasan berskala sosial, tidak memungkinkan masyarakat untuk berbelanja secara langsung. Maka dari itu E-commerce  menjadi alternatif bagi kita dalam melakukan proses jual beli. Selain itu dengan berjualan di E-commerce menjadi salah satu solusi bagi orang untuk mendapatkan income dimasa sulit saat ini.

 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISI UTAMA UNDANG-UNDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK

Perbedaan Search Engine dan Website

UJIAN TENGAH SEMESTER E-COMMERCE